Minggu, 30 Mei 2010

Tips Cegah Penipuan Via Chat dan E-mail

Pernah nggak keki jadi korban penipuan dunia maya? Pastinya yang ada adalah penyesalan panjang dan kebodohan mempercayai mulut manisnya tapi setidaknya dari pengalaman ini ada hikmahnya juga untuk lebih berhati-hati. Hal ini pernah aku alami secara sengaja untuk menyelami dan mempelajari cara-cara penipuan ini dengan bertujuan untuk memperingati kalian. Maka di sinilah akan dibagi tips-tips untuk mencegah agar tidak menjadi korban penipuan lagi.

Biasanya modus penipuan menggunakan fasilitas chat dan e-mail yang banyak tersedia gratis. Bagi yang biasa chatting, tentunya terasa menyenangkan ngobrol dengan orang baik dikenal maupun tidak dikenal. Tetapi sebaiknya waspadai agar tidak terjebak bujukan mulut manisnya. Sebab umumnya pelaku penipu menggunakan dua media ini untuk menjerat korban dengan iming-iming hadiah lotre atau dari salah satu badan sosial yang jadi favorit pelaku penipuan.

Nah, bagaimana caranya untuk menyakini bahwa apa yang dikatakan itu benar atau tidak? Caranya cobalah aktif bertanya secara detail. Jangan malu (walau alasannya bahasa inggris pas-pasan sih..hehehe) atau takut, teruslah gencar tanya ini-itu sampai jelas buktinya. Misalnya jika dia katakan bahwa dia adalah Claim Officer (semacam pengacara gitu), cobalah minta bukti sertifikat gelar resmi. Jika dia tidak bisa memberikan bukti tersebut maka sudah jelas itu cuma tipuan saja.

Meskipun sudah kelihatan ini tipuan tetapi aku nekad dan penasaran apa yang terjadi bila kita memenuhi permintaanya? Dari hasil inilah diketahui bahwa ada tahap-tahap yang lumayan njelimet dan menguras tenaga, pikiran, waktu dan uang.

Mau tahu apa saja tips agar terhindar dari modus penipuan?? Ini dia..

1. Jangan pernah melakukan transfer pembayaran via Western Union maupun Money Gram kecuali jika untuk anggota keluarga, sahabat atau orang yang kamu benar-benar kenal.

2. Jika diminta transfer ke negara tujuan NIGERIA (ini wajib dicurigai), sebaiknya JANGAN TURUTI permintaannya sebab dari berbagai sumber terutama dari situs resmi FBI, diketahui bahwa negara NIGERIA merupakan kantong pelaku penipuan dunia maya sehingga FBI kerap terbanjiri keluhan penipuan yang kebanyakan asalnya dari negara itu.

3. Jika masih belum percaya akan kenyataan ini, cobalah mintalah sertifikat bukti gelar sesuai hukum yang berlaku. Jika ia tak bisa buktikan, maka sebaiknya lupakan saja!

4. Namun masih terus terbujuk? Niscaya kelak kamu akan dikirim e-mail yang berasal dari salah satu jasa layanan paket skala internasional. Sebab menurut keterangan pelaku penipu ini mengatakan bahwa hadiah itu akan dikirim via layanan paket tersebut. TAPI untuk jaga-jaga, sebaiknya CEK dulu apakah benar alamat e-mail itu sesuai dengan situs resmi layanan paket tersebut? Jika ditemukan ketidak cocokan alamat e-mailnya maka sudah jelas inilah tipuan lihai khas mereka. Sebab kebanyakan e-mailnya palsu dan jangan lupa sekarang ini ada aplikasi photoshop maka akan sangat mudah permak sana sini atau hanya tinggal copy and paste situs resmi pun dilakukan semudah menjentik jari kan? Pelaku penipu selalu meng-halalkan segalanya termasuk mencatut nama badan sosial, situs resmi atau perusahaan terkenal.

5. Masih jatuh dalam rayuannya? Ok, inilah bukti terakhir yang bisa mengejutkan dan maha menyakiti....karena nantinya akan dikirim e-mail dari layanan paket tersebut yang berisi pemberitahuan penahanan kiriman paket dari salah satu badan pemeriksa keuangan internasional yang juga favoritnya pelaku penipu ini.

6. Setelah itu akan muncul e-mail dari badan keuangan tersebut yang memberitahukan bahawa untuk bisa meloloskan paket tersebut akan memintamu membayar semacam bea cukai yang jumlahnya cukup mencekik bagi korban yang berpenghasilan kecil. Di sinilah diperlukan kepintaran yang lihai yakni SEKALI LAGI CEK sesuai tidak alamat e-mail tersebut dengan alamat kontak (customer e-mail) situs resmi yang bisa dicari lewat mesin pencari? Jika tidak sama, maka anda sudah tahu kan hasilnya?

7. Nah jika mengetahui ciri-ciri yang dijelaskan di atas, lalu bagaimana caranya agar bisa mencegah dia menganggu hidup anda? Hanya satu cara yang jitu yang Insya Allah aman yaitu hapuslah namanya dan alamat e-mailnya serta semua e-mail yang berkaitan dengan penipuan ini dari buku kontak anda. Tapi ini masih belum cukup karena suatu saat ia bisa muncul kapan saja jika tidak diantisipasi lapisan kedua yaitu pakailah fasilitas BLOKIR yang bisa anda cari dari ikon bantuan yang biasanya tersedia di e-mail anda. Ikutilah petujuk cara pemblokiran yang tersedia. Nah, anda kini sudah aman dan boleh bernafas lega karena Insya Allah dia tak akan muncul lagi kok.

Tapi untuk lebih amannya, bila ada yang menawari hadiah tak peduli apapun bentuknya dan dari mana asalnya, sebaiknya katakan kamu menolak dan abaikan saja serta segera hapuslah namanya dari kontak chat serta alamat e-mailnya di saat dia sedang offline maupun online.

Dan satu lagi penipuan pun akhir-akhir ini makin marak menjangkau situs jejaring sosial macam facebook, myspace atau friendster dan lainnya. Biasanya mereka menggunakan modus ini melalui inbox message bahkan ada juga nekad gunakan chat yang tersedia. Umumnya yang gunakan chat itu selalu meminta korban agar pindah chat ke situs e-mail pribadinya. Kalau anda diminta seperti ini, anda tentu sudah tahu apa yang harus anda lakukan? Ya..segera hapus dan blokir secepatnya, tak peduli ia sedang online!

Semoga tips-tips ini ada manfaatnya bagi kalian. Dan semoga kalian terhindar dari penipuan ini. Amin. Dan ingatlah selalu motto ini : Lebih mencegah daripada menyesal selamanya!

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar