Minggu, 30 Mei 2010

Mengenal Virus dan Cara Penanggulangannya

Ada banyak mitos dibalik virus komputer dan banyak definisi yang menjelaskan tentang virus serta apa dan bagaimana virus tersebut. Virus berproduksi tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Secara umum, virus memiliki fase produksi. Di dalam fase ini virus melakukan aksi melipatgandakan diri dan menyerang, yakni virus melakukan tindakan apapun untuk merusak. Sebab memang telah diprogram untuk merusak. Karena itu, virus sering menjadi momok karena sering menimbulkan kekacauan.

Definisi Virus
Ada banyak definis mengenai virus . Ada yang mendefinisikan virus sebagai suatu software yang bersifat merusak dan memiliki kemampuan memperbanyak diri. Definisi lainnya menyatakan bahwa virus adalah sebuah program yang dapat menempel pada program lain dan memiliki kemampuan memperbanyak diri. Selain pengertian di atas, virus juga dapat didefinisikan dengan kriteria berikut :
+ virus memiliki kemampuan menduplikasi diri. Duplikasi tersebut dapat berbeda-beda tergantung jenis virus itu sendiri.
+ virus membutuhkan tempat untuk memperbanyak diri, seperti sebuah file baik yang terdapat di dalam server, workstation, disket, dokumen maupun system boot record.
Dari banyak pengertian virus , dapat disimpulkan bahwa virus adalah suatu program atau software yang dapat mereplika diri dalam sebuah kode dengan maksud melakukan sesuatu di dalam sistem komputer tanpa disadari oleh pengguna komputer dan biasanya menyebabkan kerusakan pada komputer yang terinfeksi.
Jenis-jenis Virus yaitu :
o Virus file
Virus file menempel pada file program, umumnya file *.EXE atau *.COM. Virus file menggunakan teknik yang berbeda untuk menginfeksi file program lainnya. Virus file juga dapat menginfeksi file *.SYS, *.DRV, *.BIN, *.OVL, dan *.OVY. Kebanyakan virus file mengawasi semua kegiatan pengguna komputer dan menginfeksi file program lainnya. Virus file lainnya tersebut menginfeksi melalui "serangan langsung" agar virus menginfeksi satu atau beberapa file program ketika pengguna komputer menjalankan file tersebut. Jenis virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan.
* Virus sistem
Virus sistem juga dikenal sebagai virus boot karena sering terdapat di dalam disket tanpa sepengetahuan pengguna. Ketika seorang pemakai komputer memulai (me-restart) komputer, virus sistem akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector jika disket yang terinfeksi berada dalam disket drive.
# Virus Dropper
Dropper adalah program yang dibuatkan atau dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus pada komputer yang menjadi target serangan. Prinsip Dropper sama seperti sebuah amplop yang di dalamnya terdapat virus. Yang menyebar adalah virus, bukan dropper. Di dalam dropper bisa saja terdapat beberapa jenis virus yang menjadi aktif ketika program berjalan. Kode virus dapat diprogram seperti virus dan scanner tidak menemukan tersebut. Untungnya sebagian besar dapat dideteksi.
+ Virus Comparison
Virus jenis ini mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menjalinnya untuk meletakkan virus. Alasannya file *.COM berjalan sebelum file *.EXE. Program tersebut akan berjalan seperti biasa dan semuanya kelihatan normal bagi pengguna komputer.
o Virus Multipartition
Virus multipartition adalah kombinasi dari berbagai jenis virus yang berbeda. Virus jenis ini dapat menginfeksi area booting dan file eksekusi dan dapat menginfeksi melalui sebuah jaringan.
* Virus Macro
Virus ini memiliki tingkah laku yang sama dengan kebanyakan virus, namun virus macro dibuat dengan bahasa pemrograman suatu aplikasi bukannya bahasa pemrograman suatu sistem operasi, misalnya macro yang terdapat di dalam Microsoft Word.
# Worm
Worm tegolong program komputer yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri . Akan tetapi, worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Worm tidak memerlukan sebuah tempat khusus. Oleh karena itu, worm bukan tergolong virus walaupun memiliki karakteristik yang sama dengan virus . Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang oleh worm. Penularan/penyebaran worm pada komputer lainnya elalui jaringan. Hal ini menyebabkan sistem menjadi overload terus menerus.
+ Trojan Horse
Trojan disebut juaga kuda troya. Trojan Horse tidak menybar seperti yang lain. Karena itu, Trojan Horse tidak tergolong virus walaupun memiliki karakteristik yang sama Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna. Namun, akhirnya virus menjadi berbahaya misalnya melakukan format hard disk.
o Virus Polymorphie
Virus polymorphie boleh dikatakan virus pintar karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga membuat sulit di deteksi oleh Antivirus.
* Virus Stealth

Virus stealth adalah jenis virus yang dirancang dapat menyembunyikan diri agar sulit diri agar sulit dideteksi. Virus ini menggunak suatu cara yang cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk menyembunyikan kode program tambahan di dalamnya. Ukuran -ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file tersebut.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar